KINERJA LALU LINTAS PADA KAKI FLYOVER JALAN SUPRATMAN – JALAN JAKARTA DENGAN METODE GELOMBANG KEJUT
Pertumbuhan penduduk dan mobilitas tinggi di Kota Bandung meningkatkan volume lalu lintas, menyebabkan kemacetan, terutama di kaki flyover Jalan Supratman – Jalan Jakarta yang memiliki simpang tanpa sinyal dan penyempitan menjadi satu lajur. Penelitian ini menganalisis kinerja lalu lintas pada titik penyempitan menggunakan model Greenshields dan metode gelombang kejut (shockwave), dengan data volume, kecepatan, dan geometrik jalan pada waktu non-sibuk (11.00–13.00 WIB) dan sibuk (17.00–19.00 WIB). Hasil menunjukkan kapasitas segmen dua lajur (1.758,63 smp/jam) lebih besar dari segmen satu lajur (1.669,03 smp/jam), memicu terbentuknya gelombang kejut mundur bentukan (−0,979 km/jam), mundur pemulihan (−5,31 km/jam), dan maju bentukan (4,91 km/jam). Semakin tinggi arus lalu lintas, antrean semakin panjang dan waktu pemulihan lebih lama; misalnya arus 1.697,70 smp/jam menghasilkan antrean 100,06 m dengan pemulihan 6,13 menit, sedangkan arus 1.750 smp/jam menghasilkan antrean 557,26 m dengan pemulihan 11,30 menit
Detail Information
Citation
APA Style
. (2025).KINERJA LALU LINTAS PADA KAKI FLYOVER JALAN SUPRATMAN – JALAN JAKARTA DENGAN METODE GELOMBANG KEJUT ().Teknik Sipil:FTSP
Chicago Style
.KINERJA LALU LINTAS PADA KAKI FLYOVER JALAN SUPRATMAN – JALAN JAKARTA DENGAN METODE GELOMBANG KEJUT ().Teknik Sipil:FTSP,2025.Text
MLA Style
.KINERJA LALU LINTAS PADA KAKI FLYOVER JALAN SUPRATMAN – JALAN JAKARTA DENGAN METODE GELOMBANG KEJUT ().Teknik Sipil:FTSP,2025.Text
Turabian Style
.KINERJA LALU LINTAS PADA KAKI FLYOVER JALAN SUPRATMAN – JALAN JAKARTA DENGAN METODE GELOMBANG KEJUT ().Teknik Sipil:FTSP,2025.Text