//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[POLA OPERASI KERETA API BANJARMASIN-TANJUNG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN]]> Dr. Samun Haris, Ir.,M.T. Dosen Pembimbing 1 Randy Azzis / 22 2013 072 Penulis
Prediksi jumlah pergerakan penumpang pengguna moda kereta api di Kalimantan Selatan pada Tahun 2024 mencapai 3.534.103 orang dan pergerakan barang mencapai 4.426.781 ton/tahun. Dikaitkan dengan jumlah permintaan transportasi (demand), pada wilayah Kalimantan Selatan telah direncanakan trase jalan kereta api Banjarmasin-Tanjung sepanjang ± 212 km yang merupakan bagian dari rencana untuk merealisasikan pengembangan jalur kereta api Trans Kalimantan sebagai tindak lanjut dari Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPnas). Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain menghitung frekuensi kereta api, load factor, waktu tempuh, headway, dan kapasitas lintas. Analisis dilakukan dengan identifikasi masalah dan pengumpulan data berupa data sekunder yang berupa matriks asal tujuan (MAT). Berdasarkan hasil analisis diperoleh frekuensi kereta api sebesar 16 KA/hari, load factor tertinggi KA penumpang 88% dan KA barang 85%, waktu tempuh KA Penumpang 191,23 menit dan KA Barang 540,66 menit, headway rata-rata KA Penumpang sebesar 65,45 menit dan KA Barang sebesar 144 menit, dan kapasitas lintas sebesar 74-129 KA/hari.