//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0401017101 - Marsono, ST., MT.
Dosen Pembimbing 1
0426028301 - Muhammad Pramuda Nugraha S., ST., MT
Dosen Pembimbing 2
MUHAMMAD WILDAN RINALDI / 122014092
Penulis
Faktor yang ikut menentukan peningkatan efisiensi bahan bakar minyak salah satunya adalah power to weight ratio. Semakin ringan kendaraan maka power to weight ratio akan semakin besar dan efisiensi akan semakin tinggi. Salah satu cara untuk mendapatkan power to weight ratio yang besar adalah dengan menggunakan chasiss yang ringan dengan memanfaatkan teknologi bahan komposit, yang salah satunya adalah honeycomd. Pada tugas akhir akan dilakukan pembuatan chasiss monocoque mobil hemat energi dengan menggunakan panel struktur honeycomb composite. Pengujian yang akan dilakukan adalah pengujian bending menggunakan beban statis, dan pengujian berat, sehingga didapatkan hasil nilai kekakuan. Dari hasil pengujian berat diketahui bahwa chassis monocoque yang dibuat mampun menahan beban sampai dengan 200 kg, sementara defleksi yang terjadi pada saat mendapat beban tersebut adalah 10 mm. Adapun kekakuan yang dimiliki oleh chassis ini adalah sebesar 22,25 kg/mm