// <![CDATA[PERANCANGAN URBAN BACKPACK DENGAN FRAME ERGONOMIS UNTUK AKTIVITAS BERSEPEDA URBAN]]> 0411106102 - M. Djalu Djatmiko, Drs.,M.Ds. Dosen Pembimbing 1 Bani Muhammad Rahadian / 32 2014 017 Penulis
Sepeda adalah kendaraan yang sangat populer di masyarakat. Sepeda pernah menjadi transportasi primadona pada masanya, yaitu pada masa awal berkembangnya sepeda produksi massal di eropa pada sekitar tahun 1900 dan bertahan hingga tahun 1950an sebelum akhirnya digantikan oleh era kendaraan bermotor, (Herilhy, 2011). Kini, di era kendaraan bermotor yang kian memadati kota – kota besar, sepeda kembali dilirik sebagai transportasi alternative yang ramah lingkungan, bebas kemacetan dan menyehatkan. Dalam aktivitas berkendara sepeda untuk perjalanan sehari – hari, dibutuhkan beberapa produk pendukung selain sepeda itu sendiri untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman. Tas menjadi produk yang penting dalam mendukung aktivitas ini, karena berbeda dengan menaiki kendaraan bermotor, transportasi sepeda menuntut fisik bergerak aktif, dan tidak memiliki ruang penyimpanan sebanyak kendaraan bermotor, sehingga kapabiltas dari tas untuk bersepeda menjadi sangat vital. Setelah dilakukan penelitian, terdapat peluang peningkatan performa tas backpack dalam kaitannya dengan ergonomic dan distribusi beban. Penggunaan rangka fleksibel pada bagian belakang tas dan engsel bola yang menghubungkan tali Pundak pada badan utama, menghasilkan isolasi beban pada letak yang ideal, dan memungkinkan tubuh bagian atas bergerak dengan lebih leluasa untuk kendali sepeda yang lebih baik.