//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PENGUJIAN KARAKTERISTIK MEKANIK STRUKTUR TRIANGLE HONEYCOMB BEAM COMPOSITE FIBER CARBON DIMENSI PITCH CELL 30 mm, CELL SIZE 30 mm, CELL HEIGHT 30 mm]]> 0401017101 - Marsono, ST., MT. Dosen Pembimbing 1 Putra Raja Sonang / 12-2016-074 Penulis
eam atau balok sudah menjadi salah satu komponen utama dalam struktur kendaraan, berfungsi untuk mendukung kestabilan, kekuatan dari kontruksi mobil dan menopang beban penumpang. Penggunaan material beam pada ummnya menggunakan material baja struktur, dimana material baja memiliki kekurangan, memiliki bobot yang relatif berat dan umur pakai yang lama dikarenakan mengalami korosi, bobot yang berat membutuhkan energi yang besar. Sedangkan pada mobil hemat energi dibutuhkan beam yang lebih ringan untuk meningkatkan efisiensi, diperlukan material alternatif. Dalam hal ini, penulis manggunakan material berbahan dasar komposit yaitu polymer matrix composite dimana fibercarbon. Dengan campuran fiber carbon dan epoxy resin diharapkan struktur dari mobil hemat energi memiliki bobot yang ringan dan kuat. Struktur ini dibuat dengan variasi 1 lapis dan 2 lapis fiber carbon. Lalu dari kedua bahan tersebut dibuat honeycomb core, face dan skin yang nantinya digabungkan menjadi triangel honeycomb beam composite. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian bending, hasil pengujian bending pada 1 lapis fiber carbon didapatkan beban maksimal sebesar 67.1 kg sedangkan pada variasi 2 lapis beban maksimal sebesar 117.8 kg. Kata Kunci : Beam, Komposit, Fiber Carbon, Honeycomb, Bending