KAJIAN PENGARUH BOTTOM ASH SEBAGAI SUBTITUSI SEBAGIAN FILLER PADA PARAMETER MARSHALL
Jalan merupakan prasarana transportasi yang berfungsi untuk menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Kondisi jalan yang buruk ditandai dengan adanya kerusakan pada perkerasan jalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang hasil kinerja campuran beton aspal campuran panas yang menggunakan material bottom ash sebagai aditif dan sebagai material pengganti filler dan dapat mengetahui karakteristik pada campuran aspal panas AC-WC dilihat berdasarkan parameter Marshall. Diperoleh kadar aspal acuan sebesar 5,5%, penentuan Kadar Aspal Optimum (KAO) dilakukan dengan membuat benda uji masing-masing 3 buah benda uji dengan variasi kadar aspal sebesar 4,5%; 5%; 5,5%; 6%; 6,5%; dan 7%. Hasil dari plot parameter Marshall dengan kadar aspal diperoleh KAO 6,5%. Kemudian dibuat kembali benda uji menggunakan subtitusi bottom ash dengan persentase 10% dan 20% pada filler. Hasil analisis data pengujian didapatkan nilai stabilitas dari beton aspal substitusi bottom ash lebih tinggi dibandingkan dengan campuran beton aspal tanpa substitusi bottom ash, persentase terbaik substitusi filler dengan bottom ash adalah 20% bahan additif ini memenuhi semua persyaratan yang ditentukan.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2020).KAJIAN PENGARUH BOTTOM ASH SEBAGAI SUBTITUSI SEBAGIAN FILLER PADA PARAMETER MARSHALL ().Teknik Sipil:FTSP
Chicago Style
.KAJIAN PENGARUH BOTTOM ASH SEBAGAI SUBTITUSI SEBAGIAN FILLER PADA PARAMETER MARSHALL ().Teknik Sipil:FTSP,2020.Text
MLA Style
.KAJIAN PENGARUH BOTTOM ASH SEBAGAI SUBTITUSI SEBAGIAN FILLER PADA PARAMETER MARSHALL ().Teknik Sipil:FTSP,2020.Text
Turabian Style
.KAJIAN PENGARUH BOTTOM ASH SEBAGAI SUBTITUSI SEBAGIAN FILLER PADA PARAMETER MARSHALL ().Teknik Sipil:FTSP,2020.Text