//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Heru Judi Gultom, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
Amatulhay Pribadi, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 2
KINAN RAMAULIDIKA PUTRA/222016250
Penulis
Teknologi Weigh in Motion (WIM) merupakan salah satu metode yang dapat mengukur beban aktual kendaraan untuk digunakan dalam evaluasi performa jembatan pada masa layan, dimana efek dari beban eksternal yang berulang seperti kendaraan khususnya pada elemen baja mengakibatkan kegagalan fatik yang terakumulasi terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah evaluasi performa dari jembatan standar Bina Marga kelas A tipe jembatan rangka Austria dengan bentang 40 m terhadap beban kendaraan aktual hasil pengukuran WIM di ruas jalan Nasional Cikampek-Pamanukan tahun 2011. Evaluasi ini dilakukan dengan analisis struktur terhadap beban kendaraan bergerak WIM dengan luaran rentang tegangan dan frekuensi kejadiannya, dan kemudian dibandingkan dengan S-N
Curve yang mengacu kepada AASHTO. Elemen struktur yang termasuk kategori batang Fracture Critical Member (FCM) akan dianalisis perilakunya terhadap unsur yang lebih detail yaitu sistem sambungan. Hasil evaluasi umur fatik menunjukkan bahwa dalam masa layan 75 tahun, jembatan ini memiliki ketahanan fatik yang belum melampaui S-N Curve dan diproyeksikan akan mencapai umur fatik pada 59 tahun. Hasil analisis sistem sambungan batang FCM berupa tegangan maksimum sebesar 114,37 MPa, lebih kecil dari tegangan leleh izin material baja SM 490 BJ 55 dengan nilai faktor keamanan 15, sehingga sistem
sambungan pada batang FCM memenuhi kriteria keamanan dan keselamatan.