//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T
Dosen Pembimbing 1
FAJAR MUCHLISIN/222016194
Penulis
Perkembangan jalan merupakan hal yang beriringan dengan kemajuan teknologi salah satunya pada bidang tenik sipil yaitu software AutoCAD Civil 3D untuk perencanaan geometri jalan. Ruas jalan Citengah–Cisoka merupakan salah satu akses jalan kabupaten dari Sumedang sampai batas Garut. Kondisi badan jalannya yang longsor sehingga diperlukan perencanaan ulang yaitu dengan menggunakan software AutoCAD Civil 3D dengan membuat trase jalan yang baru dan membandingkannya dengan trase jalan sebelumnya. Dalam penelitian ini data perencanaannya menggunakan data trase jalan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan total tikungan pada trase jalan baru adalah 5 dan pada trase jalan sebelumnya adalah 38 tikungan serta total galian dan timbunan pada trase jalan baru adalah sebesar 14.706 m3 sedangkan pada trase jalan sebelumnya 68.624 m3 adalah. Dilihat dari total pekerjaan tanah dan tikungan pada trase jalan baru lebih sedikit sehingga biaya perencanaannya lebih murah.