//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0403026701 - Dr. Imam Aschuri, Ir., M.T.
Dosen Pembimbing 1
HANITA RAHMAWATI/222016063
Penulis
Salah satu berkurangnya kekuatan perkerasan atau kerusakan pada jalan disebabkan oleh proses pemadatan campuran yang dilakukan di lapangan tidak sesuai pada temperatur pemadatan yang direncanaan, salah satu faktor penyebabnya karena terjadi perubahan temperatur. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh variasi temperatur pada saat proses pemadatan terhadap stabilitas dinamis (DS), laju deformasi (RD), deformasi permaen awal (DO), dan tebal overlay perkerasan jalan dari hasil pengujian menggunakan alat Wheel Tracking Machine (WTM) dengan campuran agregat dan aspal modifikasi starbit E-55. Untuk agregat dan aspal yang digunakan pada penelitian ini mengambil data sekunder yang sudah dilakukan pengujiannya di Lab Bahan PUSJATAN dan telah memenuhi persyaratan. Temperatur pemadatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 170oC, 160oC, 150oC, dan 140oC yang didapatka dari data sekunder penelitian aspal yang dilakukan di Lab Bahan PUSJATAN. Untuk data primer pada penelitian ini didapat dari pengujian menggunakan alat WTM yang dilakukan sesuai prosedur Japanese Road Association (JRA) dan uji marshall untuk didapatkan nilai stabilitas yg akan dikorelasikan dengan DO. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa temperatur pemadatan sangat berpengaruh terhadap suatu campuran dimana DO meningkat sebesar 53%-61%, RD meningkat sebesar 13%-70%, DS menurun sebesar 12,5%-42%, stabilitas marshall menurun sebesar 16%-20%, dan tebal overlay perkerasan meningkat sebesar 90%-280%.
Kata kunci: stabilitas dinamis, laju deformasi, deformasi