//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
FERRY ABDUR RAHMAN / 22-2018-231
Penulis
Timbunan oprit pada overpass memberikan gaya lateral aktif pada abutment. Gaya lateral aktif tersebut harus diberikan gaya lateral pasif dengan arah yang berlawanan pada perencanaan stabilitas konstruksi abutment. Untuk mengatasinya, pada kasus ini geotextile diaplikasikan pada timbunan oprit di belakang abutment. Analisis untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan geotextile pada timbunan oprit di belakang abutment terhadap gaya lateral kestabilan abutment digunakan perangkat lunak Plaxis 2D berdasarkan metode elemen hinga. Penelitian ini dilakukan pada proyek Overpass Rejosari yang terletak pada STA 427 – 400 Tol Semarang-Batang. Variasi perkuatan yang dilakukan antara lain variasi jarak vertikal (Sv) sebesar 0.5 m, 1.0 m, 1.5 m dan 3.0 m serta variasi panjang geotextile (L) 1H, 1.5H, 2H, 2.5H dan 3H. Nilai FK yang didapat adalah 1,946 sampai dengan 2,194. Panjang geotextile (L) lebih berpengaruh besar pada kenaikan nilai FK. Variasi geotextile kurang berpengaruh pada perubahan tekanan lateral yang terjadi di abutment. Jarak vertikal pemasangan geotextile (Sv) mempengaruhi besar tekanan aksial geotextile, yang mengakibatkan semakin besar Sv maka deformasi yang dihasilkan semakin besar.
Kata kunci : abutment overpass, geotextile, stabilitas, tekanan lateral