//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
RADEN RHEGI RUKMANA/222013130
Penulis
Pembangunan kereta cepat Bandung-Jakarta memiliki beberapa konstruksi terowongan, salah satunya terowongan dengan metode New Austrian Tunneling Method (NATM).Memiliki terowongan 2.190 meter dengan terowongan 15 meter dan tinggi terowongan 12.5 meter. Salah satu penyebab penurunan permukaan tanah dan deformasi terowongan yaitu volume loss akibat dari konstruksi terowongan. Untuk itu diperlukan analisis untuk memprediksi besarnya kehilangan kehilangan volume tanah dengan pemodelan menggunakan metode elemen hingga Plaxis 2D. Penulisan tugas akhir ini adalah menganalisis pengaruh dari tioe-tipe penggalian tipe 3, tipe 4, tipe 6, tipe 7, dan tipe 8 dimana pada beberapa tipe penggalian menggunakan temporary support. Hasil analisis membuktikan bahwa tipe penggalian terowongan dengan membagi kedalam beberapa tahapan yang membuat ukuran penggalian semakin kecil dan menggunakan temporary support dapat menghasilkan nilai volume loss terowongan yang kecil yaitu sebesar 0.3755%.