//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS PERBANDINGAN DEFORMASI METODE GALIAN NATM DENGAN MODEL PLAXIS 3D DAN 2D TEROWONGAN KERETA CEPAT JAKARTA - BANDUNG]]> 0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 1 0420129302 - Desti Santi Pratiwi S.T., M.T Dosen Pembimbing 2 Mochamad Reza Satria Cahyadiawan/222015071 Penulis
Meningkatnya pembangunan infrastruktur seperti terowongan, dalam mendukung sistem transportasi yang semakin meningkat, diperlukan beberapa analisa terhadap perilaku terowongan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Pada penelitian ini menganalisis perbandingan nilai deformasi menggunakan software PLAXIS 2D dan PLAXIS 3D yang dimana metode galianya menggunakan New Austrian Tunnel Methode (NATM). Analisis perbandingan model 2D dengan beberapa variasi nilai stress reduction factor dan model 3D pada seluruh tahapan konstruksi, diperoleh selisih persentasi rata-rata terbesar deformasi pada titik tinjau arch crown terowongan sebesar 23.54 % dan pada titik tinjau permukaan tanah sebesar 45.27 %. Sedangkan selisih persentasi rata-rata terkecil deformasi pada titik tinjau arch crown terowongan sebesar 4.97 % dan pada titik tinjau permukaan tanah sebesar 23.91 %. Dengan demikian penggunaan nilai stress reduction factor β = 0.35 & 0.6 didapatkan hasil deformasi arch crown terowongan yang mendekati pemodelan 3D dengan nilai selisih rata-rata deformasi sebesar 4.97 %, tetapi deformasi pada bagian permukaan tanah memiliki selisih yang cukup besar, yaitu 43.54 %.