//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN PELAJAR PEJUANG 45 KOTA BANDUNG]]> RIFQI TSAQIF MUTTAQIIN /222016206 Penulis Elkhasnet, Ir.,MT. Dosen Pembimbing 1
Gerakan u-turn akan berdampak negatif terhadap arus lalu lintas dan akan mempengaruhi tingkat pelayanan jalan. Itulah yang terlihat di bukaan median ruas jalan Pelajar Pejuang 45 Kota Bandung, sering terjadi kendaraan berhenti atau macet yang diakibatkan oleh gerakan u-turn. Maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh u-turn terhadap tingkat pelayanan jalan. Penelitian yang dilakukan dengan cara survey lapangan yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997 tentang jalan perkotaan. Setelah survey, dilakukan analisis data dan didapatkan volume kendaraan ruas jalan Pelajar Pejuang 45 pada ruas arah BKR-Laswi sebelum bukaan u-turn sebesar 3.912 smp/jam dan sesudah bukaan u-turn sebesar 2.624 smp/jam. Sedangkan ruas arah Laswi–BKR sebelum bukaan u-turn sebesar 2.300 smp/jam dan sesudah bukaan u-turn sebesar 3.588 smp/jam. Volume kendaraan yang melakukan u-turn sebesar 2.010 kend/jam. Dengan tingkat pelayanan arah jalan BKR-Laswi sebelum bukaan median E, sesudah bukaan median C dan tingkat pelayanan arah jalan Laswi-BKR sebelum bukaan median D, sesudah bukaan median F. Perbedaan tingkat pelayanan sebelum dan sesudah bukaan u-turn sangat besar dengan artian sangat banyak jumlah kendaraan yang melakukan u-turn dan sangat mempengaruhi tingkat pelayanan jalan ruas Laswi-BKR. Waktu tempuh rata-rata kendaraan ringan arus terganggu sebesar 23 detik dan arus tidak terganggu sebesar 8 detik yang artinya sangat besar perbedaan periode waktu tempuh akibat kegiatan putar balik arah. Waktu tempuh rata-rata kendaraan melakukan u-turn adalah LV sebesar 34 detik, HV sebesar 38 detik dan MC sebesar 22 detik. Panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 41 meter dengan artian sangat banyak kendaraan yang mengantri untuk melakukan u-turn.