//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS PENGGUNAAN SPEED BUMP TIDAK STANDAR DALAM MENGURANGI KECEPATAN SEPEDA MOTOR AUTOMATIC PADA KAWASAN PERUMAHAN]]> 0425049201 - Andrean Maulana, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 1 Muhamad Rizki, S.T., M.T., Dosen Pembimbing 2 Ferdyan Mahendra Pratama / 222017034 Penulis
Kecelakaan akibat kecepatan kendaraan yang tidak terkontrol khususnya sepeda motor sering terjadi pada kawasan perumahan. Untuk meminimalisir hal tersebut diperlukan pemasangan alat pembatas kecepatan dalam hal ini speed bump namun mayoritas ukuran speed bump pada kawasan perumahan tidak standar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis kecepatan sepeda motor automatic terhadap karakteristik speed bump pada sebelum, saat dan setelah melewati speed bump. Metode survei kecepatan running speed dengan pengukuran langsung di lapangan, analisis profil kecepatan menggunakan software logger pro dan dihasilkan grafik kecepatan pada 7 titik dari 4 lokasi. Persentase perubahan kecepatan tertinggi terdapat pada Jalan Tarumanegara, Cibaduyut dengan 61,23 % dari 34,14 km/jam ke 13,23 km/jam sedangkan yang terendah di Jalan Batununggal dengan 39,62 % dari 47,35 km/jam ke 28,59 km/jam. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik berupa analisis regresi linear berganda dengan variabel terikat yakni kecepatan, dan variabel bebas meliputi tinggi speed bump, lebar speed bump, perbedaan material badan jalan dengan material speed bump dan kelengkapan marka. Model dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan bahwa kecepatan sepeda motor automatic pada kawasan speed bump dipengaruhi faktor visual seperti perbedaan material dan kelengkapan marka.