//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0429096502 - Hazairin, Ir., M.T.
Dosen Pembimbing 1
RIFQI ALI TAUFIQURRAHMAN / 222017160
Penulis
Semua proyek konstruksi pasti memiliki kemungkinan risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Salah satu penyebab kecelakaan pada sebuah proyek adalah human error. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui human error yang berpotensi menyebabkan kecelakaan, menilai probabilitas terjadinya human error serta menyusun upaya pengendalian human error pada proyek Bendungan Cipanas Paket 1. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode wawancara kepada ahli K3 di proyek tersebut. Untuk metode perhitungan dan analisis data menggunakan metode Human error Assessment and Reduction Technique (HEART). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah HEP terbesar ada pada elemen pekerjaan excavation pada pekerjaan terowongan pengelak yaitu sebesar 70,3%, sedangkan HEP terkecil ada pada elemen pekerjaan survey pada pekerjaan cofferdam yaitu sebesar 5%. Human error yang berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja kebanyakan disebabkan oleh ketidak disiplinan, keterbatasan fisik dan kondisi kesehatan pekerja. Pengendalian human error yang dilakukan yaitu pengendalian dengan hirarki rekayasa teknis, administratif, dan APD.
Kata kunci: K3, HEART, HEP, human error, pengendalian risiko