//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Ir. Thahir Satrodiningrat, M.Sc.
Dosen Pembimbing 1
Rizky Taufik Firdziawan/222016048
Penulis
Ruas Jalan Lengkong – Tanggeung merupakan salah satu trase jalan yang
termasuk kedalam program pembangunan wilayah Jawa Barat Tengah Selatan.
Ruas jalan ini memiliki lebar jalan eksisting 4 meter dan lebar bahu jalan 1 meter.
Berdasarkan statusnya, Ruas Jalan Lengkong – Tanggeung adalah Jalan
Kabupaten yang termasuk kedalam Jalan Kolektor Primer. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan hasil perhitungan tebal
perkerasan lentur (Flexible Pavement) dengan berpedoman pada Manual Desain
Perkerasan Jalan 2017 yang dibandingkan menggunakan PT T-01-2002-B. Kedua
metode tersebut memiliki parameter–parameter data yang sama yaitu CBR tanah
dasar, umur rencana, pertumbuhan lalulintas, material lapis perkerasan, akan
tetapi kedua metode ini memiliki perbedaan dalam teknis perhitungan tebal
perkerasan lentur jalan baru. Penelitian ini dilakukan variasi nilai CBR tanah
dasar menjadi 5 segmen dan beban lalulintas (CESA) berbeda sesuai dengan
kedua metode tersebut.
Hasil perencanaan berdasarkan metode MDPJ 2017 menghasilkan nilai CESA
13.095.487 lss/lajur/UR, maka Lapis Permukaan AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm,
AC-Base 75 mm, Lapis Fondasi CTB 150 mm, Agregat Kelas A 150 mm untuk
semua segmen jalan. Berdasarkan hasil perencanaan menggunakan metode Pt T
01-2002-B menghasilkan nilai CESA 6.711.464 lss/lajur/UR, maka tebal lapis
permukaan AC-WC 50 mm, AC-BC 80 mm, lapis pondasi CTB 160 mm, dan
Agregat Kelas A 180 mm untuk segmen 1, sedangkan untuk segmen 2 s/d 5 tebal
Agregat Kelas A 150 mm.