//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR PADA PENINGKATAN RUAS JALAN LENGKONG – TANGGEUNG (SEGMEN 1) KABUPATEN SUKABUMI BERDASARKAN METODE MDPJ 2017 DAN Pt T-01-2002-B]]> Ir. Thahir Satrodiningrat, M.Sc. Dosen Pembimbing 1 Rizky Taufik Firdziawan/222016048 Penulis
Ruas Jalan Lengkong – Tanggeung merupakan salah satu trase jalan yang termasuk kedalam program pembangunan wilayah Jawa Barat Tengah Selatan. Ruas jalan ini memiliki lebar jalan eksisting 4 meter dan lebar bahu jalan 1 meter. Berdasarkan statusnya, Ruas Jalan Lengkong – Tanggeung adalah Jalan Kabupaten yang termasuk kedalam Jalan Kolektor Primer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan hasil perhitungan tebal perkerasan lentur (Flexible Pavement) dengan berpedoman pada Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 yang dibandingkan menggunakan PT T-01-2002-B. Kedua metode tersebut memiliki parameter–parameter data yang sama yaitu CBR tanah dasar, umur rencana, pertumbuhan lalulintas, material lapis perkerasan, akan tetapi kedua metode ini memiliki perbedaan dalam teknis perhitungan tebal perkerasan lentur jalan baru. Penelitian ini dilakukan variasi nilai CBR tanah dasar menjadi 5 segmen dan beban lalulintas (CESA) berbeda sesuai dengan kedua metode tersebut. Hasil perencanaan berdasarkan metode MDPJ 2017 menghasilkan nilai CESA 13.095.487 lss/lajur/UR, maka Lapis Permukaan AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 75 mm, Lapis Fondasi CTB 150 mm, Agregat Kelas A 150 mm untuk semua segmen jalan. Berdasarkan hasil perencanaan menggunakan metode Pt T 01-2002-B menghasilkan nilai CESA 6.711.464 lss/lajur/UR, maka tebal lapis permukaan AC-WC 50 mm, AC-BC 80 mm, lapis pondasi CTB 160 mm, dan Agregat Kelas A 180 mm untuk segmen 1, sedangkan untuk segmen 2 s/d 5 tebal Agregat Kelas A 150 mm.