//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[EVALUASI APILL PADA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DIBANDINGKAN DENGAN SOFTWARE PTV VISSIM 9 (Studi Kasus:]]> 0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T Dosen Pembimbing 1 0425049201 - Andrean Maulana, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 2 Muhammad Afdael Fotramanag/222016148 Penulis
Simpang jalan Soekarno Hatta – Ibrahim Adjie di Kota Bandung merupakan salah satu contoh prasarana penghubung transportasi darat yang sering mengalami masalah kemacetan. Dengan adanya hal tersebut, salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di simpang adalah dengan cara mengatur ulang waktu siklusnya. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan cara mengatur ulang waktu siklus simpang jalan Ibrahim Adjie - Soekarno Hatta kota Bandung dengan menggunakan metode MKJI 1997 yang mendapatkan hasil sebesar 116 detik. Setelah mendapatkan hasil waktu siklus, tahap selanjutnya adalah mengetahui kinerja simpang dengan parameter panjang antrian dan waktu tundaan yang mana hasil panjang antrian terbesar adalah simpang jalan Ibrahim Adjie (utara) sebesar 125 meter dan waktu tundaan sebesar 45 detik, dan hasil panjang antrian terkecil adalah lengan simpang jalan Soekarno Hatta (barat) sebesar 76 meter dan waktu tundaan sebesar 53 detik. Sedangkan hasil menggunakan software PTV Vissim 9 panjang antrian terbesar adalah lengan simpang jalan Soekarno Hatta (timur) sebesar 270 meter dan waktu tundaan sebesar 130 detik, dan panjang antrian terkecil adalah lengan simpang jalan Ibrahim Adjie (selatan) sebesar 115 meter dan waktu tundaan sebesar 56 detik. Dari hasil perhitungan menggunakan metode MKJI 1997 dan pemodelan menggunakan Software PTV Vissim 9 didapatkan perubahan panjang antrian dan waktu tundaan yang lebih baik dari kondisi Eksisting.