//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[STUDI ALTERNATIF DESAIN JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN VARIASI JUMLAH SEGMEN DAN DIMENSI GIRDER]]> 0423067401 - Bernadinus Herbudiman, ST., M.T. Dosen Pembimbing 1 0418109104 - Badriana Nuranita, S.T., M.T Dosen Pembimbing 3 RIZQIKHA SHARA ISNAINI/222018059 Penulis
Jembatan rangka baja merupakan struktur jembatan yang terdiri dari rangkaian batang-batang baja yang dihubungkan satu dengan yang lain. Data jembatan yang digunakan bersumber pada Gambar Standar Bangunan Atas Jembatan Rangka Baja Kelas A diterbitkan oleh Bina Marga pada tahun 2005 (No: 07/BM/2005) yang memiliki sembilan segmen jembatan dengan bentang sepanjang 45 meter. Dilakukan empat variasi jumlah segmen dan satu modifikasi jembatan dengan bentang yang sama pada penelitian ini yang bertujuan untuk dapat mengetahui desain alternatif mana yang menghasilkan jembatan yang memenuhi persyaratan dan paling optimal dari segi kekuatan, kekakuan serta berat struktur jembatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jembatan eksisting modifikasi dapat dijadikan alternatif desain jembatan pada bentang 45 meter, dengan hasil pemeriksaan pada nilai tegangan rasio yang diperoleh kurang dari 1, nilai lendutan yang terjadi sebesar 53,5782 mm kurang dari lendutan yang diizinkan yaitu sebesar 56,25 mm, serta menempati posisi kedua berat struktur paling ringan di antara keempat variasi desain alternatif lainnya yaitu sebesar 935,304 kN.