//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS PERBANDINGAN DESAIN TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PD T-14-2003, DENGAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017]]> 0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T Dosen Pembimbing 1 FARID RIZWANSYAH RAMADHAN/222018107 Penulis
Jalan Karatas merupakan jalan akses menuju gerbang tol Cisumdawu yang saat ini berstatus sebagai jalan kabupaten. Jalan direncanakan akan ditingkatkan menjadi jalan nasional yang dirancang dengan menggunakan perkerasan kaku. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan hasil desain tebal perkerasan kaku menggunakan metode Bina Marga antara Pd T-14-2003 dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017 (MDP 2017). Hasil penelitian didapatkan tebal perkerasan kaku menurut metode Pd T-14-2003 sebesar 220 mm, lapis fondasi Lean Mix Concrete 100 mm, sambungan tie bars dan dowel menggunakan diameter 16 mm dan 33 mm, sedangkan menurut metode MDP 2017 sebesar 305 mm, lapis Lean Mix Concrete 100 mm, lapis fondasi agregat kelas A 150 mm, lapis stabilisasi semen 300 mm, sambungan tie bars dan dowel menggunakan diameter 19 mm dan 36 mm. Hasil analisis perbandingan kedua metode yaitu jika menggunakan MDP 2017 tebal pelat beton MDP 2017 lebih tebal, memiliki lapis fondasi agregat kelas A, dan diameter tie bars dan dowel lebih besar. MDP 2017 menggunakan konsep yang sama dengan Pd T-14-2003. Perbedaan yang ada antara MDP 2017 dan Pd T-14-2003 adalah: jenis kendaraan yang dianalisis yaitu kendaraan memiliki 6 roda atau lebih menggantikan kendaraan dengan total berat minimum 5 ton, adanya penanganan subgrade dengan CBR kurang dari 6%, dan adanya fasilitasi drainase di bawah perkerasan kaku.