//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
GUSTINAR CAROLINE NABILA BALQIS/222018191
Penulis
Peningkatan ekonomi membuat konsekuensi logis terhadap bangunan-bangunan infrastruktur baru. Hal ini membuat permintaan akan pembangunan jalur transportasi terus meningkat. Maka dari itu, dalam rangka mempersiapkan peningkatan di berbagai sektor, khususnya sektor pembangunan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) merencanakan pembangunan Jalan Tol Cibitung Cilincing. Proyek Jalan Tol Cibitung Cilincing Seksi 2 berdiri diatas tanah lunak setebal 14 meter, yang mana menimbulkan banyak tantangan diantaranya potensi penurunan yang berlebih dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga perlu diatasi dengan upaya perbaikan tanah. Sebuah metode kombinasi berupa Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Deep Mixing Column (DMC) direncanakan untuk memperkuat tanah lunak. Penelitian ini menyajikan studi kasus metode kombinasi di Proyek Jalan Tol Cibitung Cilincing Seksi 2 untuk meningkatakan efektivitas perbaikan tanah lunak dan menciptakan solusi yang lebih ekonomis. Pengaplikasian dua metode ini disertai dengan pembebanan awal (preloading) untuk meningkatkan tegangan air pori dalam tanah. Penelitian ini dilakukan dengan berbagai variasi spasi (3D; 3.5D; 4D; 4.5D), kedalaman PVD (50%; 80%; 90%; 100% dari tebal tanah lunak), kedalaman DMC (50%; 80%; 90%; 100% dari kedalaman tanah medium), diameter (0.6 m; 0.7 m; 0.8 m), dan pola pemasangan (triangular dan rectangular) menggunakan program PLAXIS 3D. Efektifitas pengkombinasian PVD dan DMC dapat mengurangi penurunan sebesarn81.21% – 59.52%, dan mempersingkat waktu sebesar 96.45% – 85.10%. Berdasarkan analisa spasi 4D, kedalaman PVD 80%, kedalaman DMC 90%, diameter 0.6 m, dan pola rectangular lebih efektif digunakan sebagai konfigurasi pemodelan, menghasilkan tingkat penurunan 0.355 m selama 311 hari