//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
Ariel Nater/222018254
Penulis
Seringkali terjadi kemacetan dikarenakan arus lalu lintas yang dialihkan karena konstruksi terowongan di bawah jalan raya. Dengan adanya metode konstruksi jacked box tunnel, kegiatan di bagian atas terowongan dapat berjalan selama proses konstruksi. Jacked box tunnel merupakan metode konstruksi terowongan dengan pendongkrakan segmen beton precast berbentuk kotak dengan bantuan mesin hidraulik. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan deformasi permukaan dan faktor keamanan galian dalam PLAXIS 2D dan 3D. Variasi kemiringan galian yang dimodelkan yaitu sebesar 1:1, 1,5:1, dan 2:1 (V:H). Batas deformasi permukaan yang diijinkan yaitu sebesar 2 cm. Hasil deformasi permukaan pada pemodelan 2D hanya satu kondisi (Variasi 2 Excavated Soil Condition 3) yang memenuhi batas maksimum penurunan dan seluruh hasil deformasi permukaan pada pemodelan 3D memenuhi batas maksimum penurunan. Hasil faktor keamanan pada pemodelan 2D yaitu berada pada rentang 1,107-1,562. Hasil faktor keamanan pada pemodelan 3D yaitu berada pada rentang 1,817-3,687. Sedangkan, faktor keamanan yang diizinkan sebesar SF > 1,5, maka dari itu hanya ada satu kondisi (Variasi 1 Excavated Soil Condition 2) pada pemodelan 2D yang dikategorikan aman dan semua pemodelan 3D dikategorikan aman. Setelah dibandingkan, pemodelan yang disarankan untuk konstruksi jacked box tunnel yaitu dengan pemodelan 3D dan kemiringan galian 1:1, 1,5:1 dan 2:1.