//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0427067202 - Yusril Irwan, ST., MT.
Dosen Pembimbing 1
MUHAMMAD MALKI ABDURRAHMAN/122017111
Penulis
Mobil Hemat Energi yang dibuat oleh himpunan teknik mesin itenas bertujuan untuk mengikuti lomba atau Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) skala nasional maupun internasional. Salah satu syarat dari mobil hemat energi selain efisiensi bahan bakar yaitu memilih material yang ringan dan kuat. Material yang saat ini digunakan adalah serat fiberglass dan memiliki kekurangan rawan retak karena body nya terlalu kaku,bobot dari serat fiberglass ini cendereung lebih berat ,dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit ,hasil dari penelitian serat fiberglass memiliki kekuatan tarik sebesar 70,927 MPa, kekuatan bending sebesar 120,22 MPa ,dan massa jenis 1,30 ????????????????3⁄.Maka dari itu akan diganti dengan serat batang tebu dan serat sabut kelapa (hybrid) menjadi pilihan alternatif untuk bodi mobil hemat energi. Proses pembuatan komposit dengan metode hand lay up dengan perbandingan fraksi volume 5%,10%,15%,20%,25%.Hasil dari penelitian ini bertujuan membandingkan hasil pengujian dari serat alam dan serat fiberglass ,untuk mendapatkan nilai kekuatan Tarik dengan standar ASTM D638 , dan kekuatan bending standar ASTM D790. Hasil pengujian tarik yang mengacu pada standar Society of Automotive Engineering (SAE) J1717.Hasil dari pengujian tarik tertinggi yaitu pada fraksi volume ST20%/SK10% memiliki kekuatan tarik sebesar 23,252 MPa ,dan massa jenis 1,09 ????????????????3⁄,sedangkan hasil pengujian bending Kekuatan bending tertinggi yaitu pada fraksi volume ST5%/SK25% dengan kekuatan bending sebesar 88,34 MPa dan massa jenis 1,05 ????????????????3⁄.Serat batang tebu dan serat sabut kelapa (hybrid) dengan fraksi volume ST20%/SK10% bisa dijadikan bahan alternatif dikarenakan lebih ringan dibandingkan serat fiberglass dan kekuatannya berada diatas standar SAE J1717 yaitu sebesar 8,09 MPa.