//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PEMODELAN STRUKTUR PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS PLAXIS 3D (STUDI KASUS JALAN LINGKAR TIMUR KUNINGAN)]]> 0403266701- Dr. Ir. Imam Aschuri, M.T Dosen Pembimbing 1 KHALID RIZKI PRATAMA / 222018246 Dosen Pembimbing 1
Lapisan perkerasan jalan sering mengalami kerusakan sebelum mencapai umur rencana. Faktor yang paling berpotensi membuat kerusakan adalah karena beban lalu lintas yang berlebih dan akibat tergenang air, disamping juga karena kegagalan kualitas struktur perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerjastruktur perkerasan lentur pada ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan serta untuk mengetahui pengaruh beban sumbu kendaraan dan pengaruh modulus kekakuan aspal terhadap kinerja perkerasan jalan dengan menggunakan analisis software Plaxis 3D. Kinerja jalan yang ditinjau meliputi penurunan, tegangan, dan regangan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data pemodelan tersebut didapatkan nilai maksimum penurunan sebesar 0,889 mm, tegangan 403,6 kN/m2 dan regangan sebesar -1,287x10-3. Diketahui bahwa beban sumbu kendaraan sangat mempengaruhi kinerja struktur perkerasan lentur, dengan penambahan beban sebesar 2 ton akan mengakibatkan kenaikan penurunan sebesar 11 %, kenaikan tegangan sebesar 17 % dan kenaikan regangan sebesar 10 %. Kemudian pengaruh modulus kekakuan aspal terhadap kinerja struktur perkerasan lentur yaitu semakin besar nilai modulus kekakuan aspal maka nilai penurunan dan regangan akan semakin kecil, sedangkan nilai tegangan akan semakin besar. Kata kunci: Perkerasan Jalan, Penurunan, Tegangan, Beban, Modulus Kekakuan, Plaxis 3D