//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0415128905 - Erma Desmaliana, S.T.,M.T
Dosen Pembimbing 2
ANJAR WARDAYA / 222016233
Penulis
Ir Yushar kadir,M.T.
Dosen Pembimbing 1
Jembatan Rangka Baja merupakan jenis jembatan yang banyak digunakaan diindonesia dikarenakan pelaksanaan nya yang mudah serta waktu pengerjaan nya yang relative cepat dibandingkan jenis jembatan lainnya. Jembatan yang dijadikan studikasus pada skripsi ini adalah jembatan Geosan yang berlokasi di Kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (PUSJATAN) Jl. A.H. Nasution No.264, Bandung. jembatan tersebut direncanakan dengan menggunakan aturan pembebanan BMS-1992. Pada tahun 2016 pemerintah melalui badan standarisasi nasional (BSN) melakukan penyempurnaan pada pedoman pembebanan jembatan dengan mengeluarkan SNI 1725:2016. Maka dari itu penulis melakukan studi komparasi terhadap jembatan geosan untuk mengetahui perbedaan respons struktur dari kedua peraturan tersebut. Analisis terhadap struktur atas tersebut memiliki dua pokok pembahasan yaitu analisis sistem rangka dan analisis sistem lantai komposit. Output dari sistem rangka berupa nilai tegangan batang (stress ratio), nilai lendutan, dan gaya aksial serta momen yang bekerja pada elemen batang. Adapun output dari sistem lantai komposit berupa nilai momen layan, nilai lendutan serta lebar retak pada pelat akibat momen layan yang terjadi berdasarkan masing-masing aturan pembebanan. Dari hasil analisis diketahui bahwasanya terjadi peningkatan gaya yang bekerja pada struktur yang dibebani oleh pembebanan SNI 1725:2016 dibandingkan BMS-1992 pada masing-masing output yang ditinjau.
Kata kunci: Jembatan Rangka Baja, BMS-1992, SNI-1725:2016