USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK HONDA KARISMA-X DI PT. ASTRA HONDA MOTOR


PT. Astra Honda Motor merupakan perusahaan manufacturing sepeda motor pertama dan terbesar di Indonesia yang banyak memproduksi sepeda motor jenis bebek misalnya
Karisma X, Karisma X meropakan resolusi terakhir dari Karisma yang kualitas produknya harus ditingkatkan karena penjualannya tidak menduduki peringkat pertama seperti endahulunya (Karisma). Hal tersebut disebabkan karena munculuya pesaing-pesaing utama Karisma X dengan segmen konsumen yang sama dari competitor Honda yaitu: Yamaha (Jupiter Z) dan Suzuki (Shogun 125). Adanya persaingan yang tajam menuntut PT. Astra Honda Motor barus selalu meningkatkan kualitas produk, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan dan loyalitas terbadap sepeda motor Karisma X Tujuan penelitian ini adalab memberikan prioritas peningkatan dan usulan perbaikan kualitas produk Honda Karisma X berdasarkan basil pengukuran tingkat kepuasan konsumen terhadap Karisma X. Dimensi-dimensi yang terdapat pada kualitas produk sepeda motor Karisma X mengacu pada 8 dimensi kualitas produk yang dikemukakan oleh Garvin (1998) dalam Vavra. 1997. yaitu: performance, feature, reliability, conformance to specification, durability, serviceability, aesthetics, dan perceived quality.
Tingkat kepentingan seluruh konsumen (Karisma X, Jupiter Z, dan Shogun 125) menghasilkan variabel-variabel tambahan yang dianggap penting dan dapat dijadikan usulan
tambahan untuk sepeda motor Karisma X, yaitu: cakram belakang, sistem supply bensin dengan injection, dan sistem pendingin tambahan (misalnya: pendingin oli atau radiator). Adanya
perbedaan tingkat kepentingan konsumen menyebabkan target segmen konsumen Karisma X berbeda dan terbagi menjadi 2, yaitu: mempertahankan konsumen Karisma X. dan mengambil konsumen Shogun 125 dan Jupiter Z.

Pengukuran tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk sepeda motor Karisma X dilakukan dengan menganalogikan model analisis gap yang dikembangkan oleh
Beuy, Parasuraman, dan Zeithaml (1985) pengukuran tingkat kepuasan konsumen diperoleh dari hasil perhitungan gap kepuasan Karisma X dengan pesaingnya (Jupiter Z dan Shogun 125) dan persentase variabel yang harus diPertahankan dan diperbaiki oleb Karisma X Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan-konsumen (Karisma X, Jupiter Z, dan Shogun 125) terhadap Karisma X, secara garis besar konsumen Karisma X dan Jupiter Z masih merasa puas dengan kualitas produk Karisma X, sedangkan konsumen Shogun 125 tidak puas dengan kualitas produk Karisma X Hal tersebut mengindikasikan adanya prioritas peningkatan dan usulan perbaikan kualitas produk Karisma X berdasarkan 2 target segmen konsmnen dalam
meningkatkan penjualan Karisma X dan mengambil alih konsumen pesaing. Prioritas peningkatan dan usulan perbaikan kualitas produk Karisma X secara
keseluruhan berdasarkan 2 target segmen konsumen, yaitu: Akselerasi awal (melakukan perubahan pada sektor bahan baku dasar motor, komponen mesin, dan sistem penyuplai bahan
bakar injeksi); Kekuatan rangka (perubahan pada bagian-bagian rangka yang rawan sering terkena benturan khususnya rangka bagian belakang lebih diperkuat dan diperhatikan); Daya
akselerasi (lebih ditekankan diutamakan pada kecepatan dan kemampuan mesin yang didukung dengan sistem kopling manual agar tarikan lebih responsif dan perpindahan gigi lebih cepat).
Kecepatan maksimum (perubahan pada perbandingan jumlah gigi pada sprocket depan dan belakang. sehingga Karisma X harus mengeluarkan tipe motor yang lebih memgutamakan sektor kecepatan agar top speed 125 km/jam dapat dicapai); Model motor (mengikuti sesuai dengan perkembangan, tidak mempertahankan. menggunakan dan memproduksi model-model yang telah ada terdahulu), Body motor (dapat memperlihatkan perbedaan dan ciri khas tersendiri dengan merek-merek lainnya, selain itu body motor agar lebih ramping sehingga terlibat lebih sporty dan gesit melewati jalan yang sempit dan padatnya arus lalu lintas), Model spion (penggunaan model spion yang masih dalam ukuran standar, namun perubahan hanya terjadi pada bentuk spionnya saja agar terlihat lebih sporty dan dinamis).


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang DIAN MARIANA / 132000127 - Personal Name
Prof. Dr. Harsono Taroepratjeka, MSIE, Ph.D) - Personal Name
0422037203 - Sugih Arijanto ST.,M.M - Personal Name
No. Panggil 734TI/06
Subyek Perbaikan Kualitas Produk
PT. Astra Honda Motor
Fakultas FTI
Tahun Terbit 2006
Jurusan Teknik Industri
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2006).USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK HONDA KARISMA-X DI PT. ASTRA HONDA MOTOR().Teknik Industri:FTI

.USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK HONDA KARISMA-X DI PT. ASTRA HONDA MOTOR().Teknik Industri:FTI,2006.Text

.USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK HONDA KARISMA-X DI PT. ASTRA HONDA MOTOR().Teknik Industri:FTI,2006.Text

.USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK HONDA KARISMA-X DI PT. ASTRA HONDA MOTOR().Teknik Industri:FTI,2006.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 19475

Total Kunjungan: 6346 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id