//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PEMODELAN KESTABILAN TANAH TIMBUNAN CAUSEWAY DI PELABUHAN ERAY DENGAN PLAXIS 2D]]> 0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 1 FAUZAN AKMAL BUDIMAN / 222016166 Penulis
Kestabilan timbunan menjadi salah satu hal penting dalam perencanan konstruksi causeway. Kegagalan (failure) pada perencanaan timbunan dapat menyebabkan kelongsoran seperti yang terjadi pada causeway di Pelabuhan Eray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi causeway eksisting (kelongsoran yang terjadi) dan rencana perbaikan causeway (rehabilitasi konstruksi). Data sekunder data tanah, dimensi causeway dan pengamatan pasang surut air laut yang diperoleh dari PT. Marindo Penata Kawasan serta spesifikasi geotekstil. Pemodelan diawali dengan menganalisis causeway eksisting pada dimensi lebar atas 7,6 m dan lebar bawah 11,2 m dengan parameter tanah timbunan yang memiliki nilai kohesi (c) 6 kN/m2 dan sudut geser (ɸ) 12˚, dilanjutkan pada analisis rencana perbaikan causeway pada perubahan dimensi lebar atas 9 m dan lebar bawah 22,4 m dengan parameter tanah timbunan yang memiliki nilai kohesi (c) 20 kN/m2 dan sudut geser (ɸ) 20˚ serta penambahan pasangan batu dan perkuatan geotekstil. Pemodelan dianalisis menggunakan program PLAXIS 2D berbasis metode Elemen Hingga. Analisis dilakukan mengacu pada kriteria pembebanan dermaga yang melewati causeway sebesar 20 kN/m dan mempertimbangkan elevasi muka air laut pada kondisi surut +0,00 m (Low Water Spring), kondisi muka air rerata +1,23 m (Mean Sea Level) dan kondisi pasang +2,459 m (High Water Spring). Pada pemodelan causeway perbaikan dianalisis dengan memvariasikan nilai kuat tarik geotekstil yaitu 15 kN/m, 50 kN/m dan 100 kN/m serta variasi kemiringan lereng yaitu 1V:1H, 1V:1,5H dan 1V:2H. Hasil pemodelan menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang sangat signifikan pada kestabilan timbunan berupa nilai faktor keamanan setelah dilakukan analisis causeway perbaikan terhadap causeway eksisting hingga peningkatan mencapai 418%.