//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0422087303 - Dr. techn Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
Wahyu Agtyan Agung Permana / 222018072
Penulis
Dilokasi jalan di batas kota Muara Taweh-Benangin STA.1+050 dimana terdapat longsoran yang bersebelahan dengan badan jalan yang cukup dalam dan sangat berbahaya untuk itu maka diperlukan penanganan agar longsoran dapat ditanggulangi. Penanganan akan menggunakan perkuatan Dinding Penahan Tanah (DPT) berjenis cantilever wall dan gravity wall dengan penempatan elevasi yang berbeda. Analisis lereng dilakukan menggunakan program PLAXIS 3D dengan memodelkan kondisi eksisiting serta penanganan yang telah direncanakan. Berdasarkan pemodelan lereng eksisting diperoleh nilai faktor keamanan (FK) sebesar 1,338 menunjukan bahwa lereng dalam keadaan tidak aman sesuai SNI 8460:2017 yang menunjukkan FK aman minimal 1,5. Setelah dilakukan pemodelan pada setiap variasi jenis DPT dan penempatan elevasi, diperoleh DPT dengan nilai faktor keamanan yang dirasa aman yaitu DPT jenis cantilever wall dengan penempatan elevasi 3 dan mutu K350 didapat nilai faktor keamanan global sebesar 1,632. Hal ini dikarenakan posisi penempatan DPT jauh dari daerah jalan dan tahap pembangunan DPT ini mudah dilaksankan selain itu dengan penanganan ini dirasa akan aman pengerjaannya dari mulai galian hingga pembangunannya.