//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
9990554277 - Ranna Kurnia, S.T., M.T
Dosen Pembimbing 1
Ligar FItrianingsih, S.T., M.T
Dosen Pembimbing 2
ENTANG / 222019125
Penulis
Jalan merupakan prasarana yang penting dalam menunjang perekonomian masyarakat dimana jalan berguna agar masyarakat dapat menempuh dari satu tempat ke tempat lain. Metode yang umum digunakan dalam pembangunan jalan di Indonesia yaitu metode MDP 2017 namun seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi dalam perencanaan perkerasan jalan agar perkerasan mampu berumur panjang (Perpetual Pavement), Perpteual Pavement adalah perkerasan yang mampu bertahan sampai 50 tahun bahkan lebih tanpa memerlukan rekonstruksi secara struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi struktur perkerasan lentur model tipikal MDP 2017 apakah struktur perkerasan tersebut masuk ke dalam konsep Perpetual Pavement atau tidak. Model tipikal MDP 2017 akan dianalisis menggunakan bantuan software yaitu program Kenlayer dimana hasil dari analisis dapat masuk kedalam kriteria Perpetual Pavement dengan regangan tarik < 100 μƐ dan regangan tekan < 200 μƐ. Berdasarkan hasil analisis pada model tipikal MDP 2017 didapatkan regangan pada lapisan AC-Base yang melebihi batas regangan artinya model MDP 2017 tidak masuk ke dalam Perpetual Pavement. Berdasarkan hasil analisis regangan agar model tipikal MDP 2017 masuk ke dalam kriteria Perpetual Pavement yaitu dengan cara mempertebal lapisan perkerasan pada lapis AC-Base. Kemudian repetisi izin minimum yang terjadi pada retak lelah beraspal sebesar 698.805.247 ESAL dan repetisi izin minimum deformasi permanen sebesar 3.29151×1013 ESAL.