//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[KAJIAN STRUKTURAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN PROGRAM CIRCLY 5.1.]]> 0408087803 - Dr. Sofyan Triana, S.T., M.T Dosen Pembimbing 1 Ligar FItrianingsih, S.T., M.T Dosen Pembimbing 2 MUHAMMAD FARRAS ADINUL ISLAMI / 222019277 Penulis
Jalan merupakan bagian prasarana transportasi darat. Jalan mempunyai peranan penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jalan dengan perkerasan lentur dapat mengalami kerusakan atau kegagalan struktur. Kegagalan struktur menurut Metode Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2017 yaitu fatigue cracking dan permanent deformation. Pada penelitian ini dilakukan analisis desain tebal lapisan perkerasan menggunakan Metode MDPJ 2017 dan mengidentifikasi nilai regangan lapisan perkerasan dengan program CIRCLY 5.1 serta menganalisis nilai repetisi izin berdasarkan fatigue cracking dan permanent deformation. Hasil analisis desain lapisan perkerasan lentur dengan menggunakan Metode MDPJ 2017 diperoleh tebal AC-WC sebesar 40 mm, tebal AC-BC sebesar 60 mm, tebal AC-Base sebesar 155 mm, dengan lapis pondasi dengan agregat kelas A sebesar 300 mm. Hasil tebal perkerasan lentur tersebut kemudian diolah dengan program CIRCLY 5.1 dan mendapatkan nilai regangan tarik sebesar 89,26 μ€ dan nilai regangan tekan sebesar 55,53 μ€. Repetisi izin berdasarkan program CIRCLY 5.1 diperoleh nilai fatigue cracking dan deformasi permanen sebesar 3,81 x 109 lss/UR/Lajur Rencan dan 3,695 x 1015 lss/UR/Lajur Rencana. Kedua nilai tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan nilai CESAL yaitu 2,635 x 107 lss/UR/Lajur Rencana. Nilai repitisi izin tersebut menyimpulkan bahwa desain lapis perkerasan tersebut sudah memenuhi standar dan aman untuk digunakan.