//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[KAJIAN ALTERNATIF JEMBATAN CIGADUNG INDRAMAYU- JAKARTA MENGGUNAKAN TIPE JEMBATAN PONY TRUSS BAJA]]> Agna Ulul Albab / 222016139 Penulis Herbudiman, S.T., M.T Penulis
Jembatan merupakan sarana infrastruktur yang sangat penting dalam dunia konstruksi yang berfungsi sebagai penghubung antar wilayah yang terkendala oleh irigasi, sungai, lembah ataupun laut. Jembatan Cigadung merupakan salah satu jembatan baja yang memiliki panjang 10,1 meter, semakin meningkatnya jumlah angka penduduk mempengaruhi peningkatan arus lalu lintas pada daerah tersebut, peningkatan arus lalu lintas menimbulkan kerusakan pada area jembatan tersebut, sehingga diperlukan rehabilitasi pada jembatan tersebut guna meningkatkan kualitas jalan tersebut dari segi kenyamanan. Dilakukan penelitian untuk mendapatkan perencanaan jembatan yang efektif dan efisien dengan membandingkan kinerja jembatan eksisting dengan material beton bertulang dan jembatan alternatif mengguanakan material baja guna mengetahui kekuatan dan kekakuan pada jembatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasio tegangan yang dihasilkan jembatan alternatif memenuhi syarat izin tegangan yaitu < 1. Serta, untuk kriteria lendutan izin memiliki nilai sebesar 12,625 mm dan lendutan yang terjadi pada jembatan eksisting bernilai 15,2740 mm sedangkan untuk jembatan alternatif memiliki nilai lendutan sebesar 9,597 mm.