//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Badriana Nuranita, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
ALIKA WIDHIANA MIDO / 222019047
Penulis
J embatan memiliki syarat mutlak yaitu paling sedikit sama kuatnya dengan jalannya sendiri untuk lalu lintas kendaraan yang diizinkan,(Subarkah, 1979). Jembatan baj a ini biasanya ban yak digunakan untuk struktur jembatan kereta api, rangka baja dipilih karena menurut Iman Subarkah (1979) gaya yang ditimbulkan oleh kereta api lebih besar dibandingkan lalu lintas jalan raya, karena itu, sifat yang dimiliki baja sangat cocok digunakan untuk menjadi struktur jembatan kereta api, salah satu tipe jembatan yang digunakan untuk jembatan kereta api adalah rangka baja Welded Through Truss. Pada penelitian kali ini, jembatan yang didesain
sebelum adanya peraturan yang digunakan hingga saat ini, dilakukan pengecekan kapasitas jembatan menggunakan peraturan terbaru yaitu PM No.60 Tahun 2016, dan diperoleh bah a terdapat kegagalan pada beberapa batang dan te1jadi lendutan sebesar 7,4 em yang melebihi lendutan izin, maka dari itu diperlukan pemulihan kapasitas untuk mengembalikan kapasitas jembatan agar dapat melayani arus lalu lintas pada saat ini hingga umur rencana yang diharapkan. Lalu dilakukan pemulihan kapasitas berdasarkan basil analisis pemodelan ulang maka dilakukan perkuatan metode prategang ekstemal dengan batang penyokong tipe poligon double king pose. Setelah dilakukan pendefinisian perkuatan dengan pemodelan
pada software metode perkuatan eksternal menggunakan tendon dengan batang penyokong tipepoligon double king pose dan diberi gaya tarik sebesar 100 kN dapat mengembalikan kapasitas jembatan dengan besar lendutan 1,5 em.