//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[MODIFIKASI STRUKTUR ATAS JEMBATAN CIMAJA RUAS JALAN PELABUHAN RATU - CISOLOK MENGGUNAKAN RANGKA BAJA LENGKUNG]]> 0418109104 - Badriana Nuranita, S.T., M.T Dosen Pembimbing 1 MUHAMAD ABDAN SYAKURO GUNAWAN / 222017036 Penulis
Jembatan rangka baja lengkung merupakan jembatan yang memiliki bentuk/konfigurasi rangka menyerupai busur yang bertumpuan pada kedua ujung jembatan. Artikel ilmiah ini memiliki tujuan membandingkan Jembatan Cimaja yang memiliki tipe jembatan warren (60 m) dan jembatan komposit I girder (25 m) dengan perencanaan jembatan modifikasi rangka baja lengkung (85 m) dari segi kekuatan dan pemodelan, guna mendapat pilihan tipe jembatan yang kuat, dan mengurangi penggunakaan pilar pada jembatan, serta menjadi ikon baru di area jembatan. Perhitungan komponen jembatan modifikasi menggunakan pedoman ASSTHO (LRFD Bridge Design Specifications Edition 9th) tahun 2020. Pembebanan pada analisis jembatan eksisting dan modifikasi harus memenuhi syarat SNI 1725 tahun 2016. Respon struktural yang ditinjau adalah gaya aksial, gaya geser, momen lentur, lendutan jembatan, dan rasio tegangan pada setiap komponen struktur jembatan yang harus memiliki besaran kurang dari angka 1. Hasil dari analisis jembatan modifikasi dengan bentang 80 meter, terdapat banyak komponen yang memiliki rasio tegangan melebihi angka 1, maka dilakukan perkuatan guna mencapai syarat kekuatan kompoenen dengan mengganti dimensi setiap komponen, hasil analisis setelah perkuatan jembatan modifikasi memiliki rasio tegangan terbesar 0,902, dan lendutan jembatan sebesar 92,874 mm dengan lendutan ijin 106,5 mm, serta berat struktur jembatan modifikasi sebesar 422,370 ton. Dimensi komponen setelah perkuatan yaitu: ikatan angin ROD 300x20, rangka busur atas IWF 500x500, rangka busur bawah IWF 500x300, rangka diagonal IWF 500x200, gelagar memanjang IWF 450x200, dan gelagar melintang IWF 1200x550