//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0404057502 - Youllia Indrawaty Nurhasah, ST., MT.
Dosen Pembimbing 1
0417087701 - Hendi Handian Rachmat, MT., Ph.D
Dosen Pembimbing 2
Yudhistira Prihatna / 112000159
Penulis
Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem pengendalian pintu perlintasan kereta api yang akan dijadikan sebagai prototype sistem back-up dari sistem konvensional (manual) yang telah terpasang di setiap perlintasan kereta api di Indonesia. Sistem ini merupakan perangkat dan teknik yang digunakan untuk mengoperasikan dan mengendalikan pintu perlintasan kereta api secara otomatis pada perlintasan dengan satu jalur rel (1 track rail-road). Hal ini dilakukan untuk menangani masalah kelalaian (human error) petugas penjaga perlintasan apabila kereta api akan melintasi perlintasan . Sistem otomasi pintu perlintasan kereta api merupakan salah sa tu alternatif yang dapat dipertimbangkan penerapannya sebagai sarana untuk mengurangi tingkat kecelakaan di perlintasan.
Sistem otomasi pintu perlintasan ini menggunakan mikrokontroler AT89C2051 sebagai unit pengendali peralatan perlintasan (barrier , indikator perlintasan , alarm dan flashing unit) . Aksi kendali yang dilakukan oleh mikrokontroler adalah aksi kendali on-off, dalam hal ini mikrokontroler melakukan aktivasi peralatan perlintasan berdasarkan informasi yang diberikan oleh unit pendeteksi berupa sakelar mekanik dan modul infra merah . Unit ini akan melakukan pendeteksian terhadap lingkungan deteksi yang meliputi: pendeteksian kedatangan kereta , kepala dan buntut kereta , kondisi jalan raya, dan posisi pintu perlintasan (terbuka atau tertutup)
Dari hasil pengujian , baik pengujian perangkat keras , perangkat lunak maupun pengujian fungsional sistem di lapangan, sistem dapat melakukan pengendalian peralatan perlintasan ketika kereta akan melintasi perlintasan . Modul infra merah dapat melakukan pendeteksian roda kereta api untuk kondisi malam hari dan siang hari dengan jarak sejauh 3 meter . Perangkat keras dan perangkat lunak dapat terintegrasi dengan baik ketika dilakukan pengujian fungsional sistem secara keseluruhan di lapangan.