//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Ir. ACHMAD MUHAZIR, M.T
Dosen Pembimbing 1
Sahrudin Tambunan, Ir., M.T
Dosen Pembimbing 2
Cepy Firmansyah / 121997090
Penulis
Roda adalah salah satu komponen dari sepeda motor yang berfungsi untuk menahan beban kendaraan termasuk beban penumpangnya dan sebagai penunjang sepeda motor untuk dapat berjalan. Sepeda motor terdiri dari roda depan dan roda belakang yang meliputi beberapa komponen yaitu : ban, bantalan, pelek, wheel hub, danjari-jari roda. Untuk mempermudah analisis buckling dan normal mode pada komponen roda depan maka kita dapat menggunakan software ANSYS, yang bertujuan untuk mengetahui besarnya gaya kritis buckling pada pelek dan frekuensi natural yang terjadi pada komponen roda depan. Sehingga dapat diketahui gaya kritis buckling dan frekuensi naturalnya, setelah didapatkan hasilnya maka kita dapat membandingkannya dengan gaya pada tumpuan roda depan sehingga dapat disimpulkan apakah komponen pelek tersebut aman atau tidak. Dari hasil analisis dengan menggunakan metoda tersebut maka kita dapat melihat gaya kritis buckling untuk pelek demgan material 6061-T6 yang terjadi sebesar 3835,07388 N. Dengan melihat hasil-hasil tersebut maka penulis dapat menyimpulkan
bahwa komponen roda depan motor Honda Astrea Supra-X tersebut masih dalam kondisi aman.