//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-SATISFACTION DAN E-LOYALTY PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP DAN SHOPEE MENGGUNAKAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE-STRUCTURAL EQUATION MODEL (PLS-SEM)]]> Yoanita Yuniati Mukti, S.T., S.Psi., M.T. Dosen Pembimbing 1 REZA HERISMA PUTRA / 132019064 Penulis
Banyaknya pengguna e-commerce mengakibatkan loyalitas pengguna menjadi salah satu faktor yang penting bagi penyedia platform e-commerce seperti Tiktok Shop dan Shopee. Penelitian terdahulu menyatakan beberapa variabel yang mempengaruhi e-loyalty pengguna yaitu e-service quality, e-trust, dan esatisfaction. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh e-service qualiy dan e-trust terhadap e-satisfaction dan e-loyalty, serta peran moderasi demografi (usia, jenis kelamin, dan domisili) pada hubungan e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty dengan menggunakan SmartPLS 3.2.9. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 236 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara e-service quality terhadap e-satisfactioin pada kedua e-commerce, e-trust terhadap e-satisfaction pada kedua e-commerce, e-satisfaction terhadap e-loyalty pada kedua e-commerce, e-service quality terhadap e-loyalty hanya pada Tiktok Shop, e-service quality terhadap e-trust pada kedua e-commerce, serta tidak terdapat pengaruh e-trust terhadap e-loyalty dan hanya usia yang memperkuat pengaruh e-trust terhadap eloyalty pada e-commerce Shopee.