//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[EVALUASI MODULUS ELASTISITAS, SISA UMUR LAYAN, DAN OVERLAY PADA PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN PROGRAM ELMOD 6]]> Barkah Wahyu Widianto, S.T., M.T. Penulis GILANG DEFFTIKA FIRDAUS / 222019037 Penulis
Jalan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung merupakan bagian jaringan jalan dari Trans Sumatera. Jalan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung ini menggunakan perkerasan lentur dan telah open traffic pada tahun 2019. Beban kendaraan yang ditanggung oleh perkerasan jalan secara berulang dapat menyebabkan kerusakan pada perkerasan jalan sehingga perkerasan jalan mengalami penurunan terhadap umur layan jalan dari umur rencana. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai modulus elastisitas, sisa umur layan, dan kebutuhan overlay berdasarkan analisis dengan menggunakan program Elmod 6. Hasil dari penelitian ini pada lajur cepat B didapatkan nilai modulus elastisitas untuk E1 sebesar 833 - 2.689 MPa, E2 sebesar 103 - 1.486 MPa, E3 sebesar 327 - 575 MPa, Esub sebesar 97 - 148 MPa, sementara untuk lajur lambat B memilki nilai modulu elastisitas untuk E1 sebesar 192 - 2.205 MPa, E2 sebesar 79 - 1.422 MPa, E3 sebesar 114 - 996 MPa, Esub sebesar 63 - 189 MPa. Sementara untuk sisa umur layan untuk lajur cepat B didapatkan hasil analisis nilai sisa umur layan dominan masih dalam masa pelayanan optimal selama 20 tahun, sementara nilai paling kecil pada km 298+531 selama 6 tahun. Pada lajur lambat B didapatkan hasil analisis nilai sisa umur layan dominan masih berada pada masa pelayanan optimal selama 20 tahun, sementara nilai paling kecil pada km 298+331 selama 3 tahun. Lajur cepat B didapatkan hasil analisis nilai overlay paling besar yang diperlukan adalah pada km 297+600 sebesar 120 mm atau 12 cm. Pada lajur lambat B didapatkan hasil analisis nilai overlay paling besar yang diperlukan adalah pada km 298+331 sebesar 160 mm atau 16 cm.