//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Dr. Ir. Dewi Kania Sari, M.T.
Dosen Pembimbing 1
MOCH. FAJAR MUHARAM / 232019080
Penulis
Salah satu proyek strategis nasional di Indonesia adalah Kereta Cepat Indonesia-China. Dalam pelaksanaan pembangunannya Kereta Cepat Indonesia-China seringkali memerlukan penggalian tanah dan pengisian kembali tanah pada area proyek. Hal ini dapat memengaruhi kondisi geologi dan hidrologi di sekitar proyek, yang dapat menyebabkan penurunan muka tanah. Penurunan muka tanah merupakan penurunan tanah terhadap suatu bidang referensi tertentu yang dianggap stabil. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pemantauan laju penurunan muka tanah dengan menggunakan metode DInSAR pascapembangunan Kereta Cepat Indonesia-China di sekitar jalur nya, rentang waktu tahun 2018—2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik DInSAR dengan data citra satelit Sentinel-1A dan DEM SRTM 1arc-sec, pengolahan data DInSAR menggunakan perangkat lunak SNAP 8.0. Hasil dari penelitian ini rata-rata laju penurunan muka tanah rentang waktu Tahun 2018—2022 sebesar -0,100 m/tahun. Pada tahun 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022 terjadi penurunan muka tanah di sekitar jalur Kereta Cepat Indonesia-China dengan nilai penurunan muka tanah tertinggi setiap tahunnya sebesar -0,159m, -0,229m, -0,171m, -0,184m, dan -0,270m.