//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Caecilia Sri Wahyuning
Dosen Pembimbing 1
Yuniar
Dosen Pembimbing 2
Gagat Raina/132007060
Penulis
Kenyamanan penggunaan transportasi kereta api terganggu dengan timbulnya peristiwa kecelakaan di beberapa daerah operasi kereta api. Kecelakaan dapat merenggut banyak korban jiwa penumpang dan merugikan perusahaan karena kerusakan sarana serta prasarana yang ada. Faktor manusia (human error) merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan Kereta Api. Human error dapat disebabkan oleh terjadinya stres kerja. Stres kerja dapat membuat fisik seseorang menjadi tidak sehat dan cepat lelah, kurang motivasi, kurang produktif, dan kurang merasa aman dalam bekerja, dan akan berakibat banyak melakukan kesalahan dan kecelakaan dalam bekerja. Penelitian ini dilakukan untuk memperkuat penelitian sebelumnya yang menyatakan salah satu faktor penyebab human error adalah stres kerja yang terjadi pada masinis. Selain itu dapat diketahui perbedaan pemicu stres kerja masinis pada Daop yang berbeda. Kemudian berdasarkan hasil penelitian dapat memberikan rekomendasi usulan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja kerja masinis dengan mengurangi tingkat stres kerja pada masinis PT.KAI. Penelitian tingkat stres kerja dilakukan pada 39 masinis Daop I Jakarta dan 59 masinis Daop IV Semarang dengan menggunakan kuesioner National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH). Pengolahan data kuesioner dilakukan dengan perhitungan modus. Berdasarkan kriteria faktor pemicu stres kerja, maka dilakukan proses penentuan faktor yang menjadi penyebab stres kerja. Penentuan kriteria faktor yang menjadi pemicu stres kerja didasarkan pada skala jawaban yang dimiliki oleh setiap faktor pada kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pemicu stres kerja pada masinis KRL Daop I Jakarta dan masinis KA Daop IV Semarang adalah faktor lingkungan fisik, rentang kendali, peluang kerja, dukungan sosial, beban kerja dan tanggung jawab, dan tuntuan mental. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis faktor dan kondisi pemicu stres kerja dirancang usulan strategi untuk mengatasi stres kerja masinis. Usulan strategi mengurangi stres kerja adalah dengan memperbaiki lingkungan fisik kerja kabin masinis, pemberian kenaikan tunjangan, pemberian penghargaan kepada masinis teladan berupa piagam atau uang, penambahan/perekrutan masinis baru, memperketat kedisiplinan pengaturan jam dinasan, pemberian gambaran jenjang karir dan peluang kerja seorang masinis, pemberian dukungan sosial, pemberian waktu luang lebih, dan pemberian pelatihan review berupa games.