//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0429096502 - Hazairin, Ir., M.T.
Dosen Pembimbing 1
0420129302 - Desti Santi Pratiwi S.T., M.T
Dosen Pembimbing 2
FAISHAL FACHRI / 222017114
Penulis
Oprit merupakan suatu konstruksi yang menghubungkan jalan raya dan jembatan/overpass, oprit pada overpass sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti timbunan dan dinding penahan tanah, didalam dinding penahan tanah terdapat beberapa jenis dan tipe segmental wall tipe connection friction tie dan segemental wall tipe tulangan yang diangkurkan. Untuk membangun suatu konstruksi yang efisien baik dalam segi biaya, waktu dan stabilitas maka diperlukan analisis perbandingan baik dari kedua tipe connection tersebut. Analisa biaya dengan menggunakan pedoman Permen PUPR No. 1 Tahun 2022 dengan hasil analisis
rencana biaya untuk tipe connection friction tie sebesar Rp 20.770.436.000,00- (dua puluh miliar tujuh ratus tujuh puluh juta empat ratus tiga puluh enam ribu rupiah) sedangkan hasil analisis biaya untuk tipe connection tulangan yang diangkurkan sebesar Rp 22. 864.686.000,00- (dua puluh dua miliar delapan ratus enam puluh empat juta enam ratus delapan puluh enam ribu rupiah) termasuk PPN 11%. Analisa waktu menggunakan metode barchart dengan perencanaan selama 5 bulan dan untuk analisa stabilitas/safety factor dengan menggunakan bantuan program plaxis 2D didapatkan hasil untuk tipe connection friction tie penurunan yang terjadi sebesar 17,89 cm dan nilai safety factor (SF) sebesar 1,70 sedangkan untuk tipe connection tulangan yang diangkurkan penurunan yang terjadi sebesar 13,32 cm dan nilai safety factor (SF) sebesar 2,00.