//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS EFEKTIVITAS KINERJA LAJUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN KOTA BANDUNG]]> 0430107201 - Oka Purwanti, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 1 ANDHIFA BAGUS KURNIAWAN / 222019287 Penulis
Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Bandung yang hampir setara dengan jumlah penduduknya menyebabkan kemacetan dan polusi udara yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Pemerintah Kota Bandung telah menerapkan kebijakan kota yang ramah lingkungan, salah satunya dengan membuat jalur sepeda di jalan-jalan kota. Namun, lajur sepeda tersebut terletak berdampingan dengan jalan untuk kendaraan bermotor, yang dapat membahayakan pengendara sepeda. Kendaraan bermotor sering menggunakan lajur sepeda sebagai jalur mereka atau bahkan tempat parkir. Hal ini mempengaruhi keamanan dan kenyamanan pengguna sepeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lajur sepeda dengan menggunakan metode BLOS dan menganalisis infrastruktur lajur sepeda sesuai dengan standar pedoman Perancangan Fasilitas Pesepeda serta merancang perbaikan yang diperlukan untuk memastikan bahwa jalur atau lajur sepeda sesuai dengan standar yang telah ditetapkan di Jalan Merdeka dan Jalan Asia Afrika. Data survei yang dikumpulkan adalah data volume kendaraan, kecepatan kendaraan, kondisi geometrik jalan dan kondisi perkerasan. Berdasarkan hasil penelitian di Jalan Merdeka pada hari Minggu diperoleh nilai BLOS D dan pada hari Rabu diperoleh nilai D pada pagi hari dan E pada sore hari. Kemudian untuk Jalan Asia Afrika, diperoleh peringkat BLOS D pada hari Minggu dan Rabu. Dengan peringkat BLOS ini, jalur sepeda di Jalan Merdeka dan Jalan Asia Afrika tidak dapat ditempatkan di jalan yang digunakan bersama dengan kendaraan bermotor. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan ulang lajur sepeda untuk memastikan bahwa lajur tersebut terpisah dari jalur kendaraan bermotor. Hasil rancangan lajur sepeda di Jalan Merdeka dan Jalan Asia Afrika adalah tipe B, yang memanfaatkan ruang trotoar serta sebagian dari lebar jalan. Akibatnya lebar jalur kendaraan menjadi menyempit, sehingga mengurangi kapasitas jalan untuk kendaraan dan dapat mempengaruhi arus lalu lintas.