//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS PERBANDINGAN PERENCANAAN REKONSTRUKSI JALAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU BARU DENGAN METODE MDPJ 2017]]> 0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T Dosen Pembimbing 1 0408039404 - Ratih Dewi Shima, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 2 MOCHAMMAD RAFI AZHARI / 222020017 Penulis
Ruas Jalan Jampang Tengah-Kiara Dua merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kota Sukabumi dan Sukabumi Selatan. Jalan ini mempunyai 3 segmen dan tiap segmen nya mempunyai panjang yang berbeda untuk Segmen 3 mempunyai lebar jalan 5 m dengan panjang 10,40 km dan mempunyai tingkat kerusakan yang cukup parah sehingga jalan tersebut perlu diadakan perbaikan, agar meningkatkan produktivitas sektor-sektor ekonomi terutama pada sektor pariwisata dan menghindari dampak buruk terhadap masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi berdasarkan jenis perkerasan jalan yang sesuai dari segi anggaran dan yang lebih ekonomis untuk jalan tersebut. Dari perencanaan perkerasan lentur dan perkerasan kaku dengan metode MDPJ 2017 pada jalan Jampang Tengah-Kiara Dua dengan panjang 10,40 km, didapat hasil untuk tebal perkerasan lentur yaitu AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, LFA Kelas A 40 cm dan untuk tebal perkerasan kaku menggunakan (Beton Bersambung dengan Tulangan) dengan tebal pelat beton 28,5 cm (Beton FS 45), lapis LMC 10 cm (Beton FC 10), lapis drainase 15 cm, lapis stabilisasi 30 cm, dowel D 36 panjang 450 mm, dan jarak 300 mm, lalu tie bars D 16 panjang 810 mm, dan jarak 750 mm. Dari hasil perhitungan ekonomi menggunakan metode Annual Worth didapat biaya untuk pembangunan dan pemeliharaan selama 40 tahun. Untuk Perkerasan Lentur Rp50.216.997.833 dan Perkerasan Kaku Rp48.641.598.628 dapat disimpulkan dari segi biaya konstruksi awal perkerasan lentur lebih ekonomis tetapi setelah adanya pemeliharaan pekerasan kaku lebih ekonomis dibandingkan perkerasan lentur dan biaya untuk harga per meter persegi perkerasan lentur sebesar Rp671.044 dan perkerasan kaku sebesar Rp893.911.