//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS LAJUR DARURAT PADA JALAN BEBAS HAMBATAN (STUDI KASUS:]]> 0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T Dosen Pembimbing 1 RADEN MAS CHIKO SENOKAWA / 222020049 Penulis
Penggunaan lajur darurat (emergency escape ramp) telah menjadi sarana untuk mengakomodasi kendaraan yang mengalami kegagalan pengereman pada turunan yang curam. Umumnya tipe lajur darurat berupa ramp gravitasi, landasan penghenti, ataupun kombinasi dari keduanya. Tipe landasan penghenti memanfaatkan gaya gesek yang untuk menimbulkan deselerasi, sedangkan pada ramp gravitasi terdiri dari permukaan jalan beraspal dan didesain menanjak dengan ketinggian curam di ujung tanjakan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui penggantian material dan panjang landasan penghenti pada Tol Purbaleunyi 91B yang sering kali terjadi kecelakaan karena kelandaian yang curam pada jalannya, mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan No. 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Jalan. Hasil yang diperoleh adalah alasan penggantian material lajur darurat dan juga panjang landasan penghenti. Berdasarkan penelitian, penggantian material menjadi menggunakan kerikil bulat saja adalah karena material pasir pantai yang mudah terbawa air apabila terjadi hujan, lalu untuk panjang lajur darurat eksisting yang ada memiliki panjang 70 meter. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan Permenhub No. 14 Tahun 2021 panjang tersebut tidak memenuhi dengan kelandaian yang ada yaitu 6%, maka dari itu untuk menghentikan kendaraan dibutuhkan panjang pada landasan penghenti sepanjang 180 meter