//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS DAMPAK VOLUME KENDARAAN BERAT TERHADAP UMUR RENCANA JALAN (STUDI KASUS:]]> 0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T Dosen Pembimbing 1 MUHAMMAD NASHIR HADY / 222020081 Penulis
Ruas Jalan Gedebage Selatan merupakan Status Jalan Provinsi dengan Jalan Kelas II, Fungsi Jalan Kolektor Primer dan bagian dari infrastruktur jalan yang menghubungkan lokasi Jalan Gedebage Selatan, Kawasan Summarecon, dan Masjid Al Jabbar, dengan volume kendaraan yang meningkat terutama kendaraan berat seperti truk pengangkut tanah dan trailer yang diakibatkan di lokasi Summarecon sedang melakukan pembangunan yang menyebabkan jalan yang dilalui cepat rusak. Seiring bertambahnya jumlah kendaraan khususnya truk pengangkut tanah, hal ini menyebabkan umur layanan jalan berkurang karena beban lalu lintas yang melebihi batas muatan. Inilah yang menyebabkan pembebanan yang diterima oleh perkerasan mengalami kelebihan yang dapat secara langsung mempengaruhi umur rencana suatu ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak volume kendaraan berat terhadap kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga No.02/M/BM/2017. Dalam penelitian ini, dihitung angka ekivalen untuk setiap jenis kendaraan dan Equivalent Standard Axle Load pada kondisi beban normal dan beban berlebih. Pengumpulan data dilakukan dengan survei Traffic Counting dan berat perjenis kendaraan yang didapat dengan survei ke lokasi. Nilai lintas sumbu standar untuk muatan normal selama umur rencana 20 Tahun (yang dimulai dari tahun pertama ditahun 2012-2031) dengan metode Bina Marga sebesar 46,151.278 Lss/Umur rencana/Lajur rencana, sedangkan untuk Nilai lintas sumbu standar untuk muatan berlebih (overloading) selama umur rencana 20 tahun dengan metode Bina Marga sebesar 131,823.493 Lss/Umur rencana/Lajur rencana. Peningkatan nilai Equivalent Single Axle Load (ESAL) selama umur rencana 20 tahun akibat beban berlebih sebesar 85,672.215 Lss/Umur rencana/Lajur rencana dengan persentase peningkatan sebesar 186 %. Dampak dari beban berlebih terhadap umur rencana yaitu penurunan umur rencana sebesar 11,11 Tahun dari umur rencana 20 tahun atau pada umur rencana jalan di Tahun 2020 dengan persentasi penurunan 55,6 %.