//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PENGARUH LINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA LALU LINTAS SIMPANG JALAN SUMATERA- JALAN JAWA KOTA BANDUNG DENGAN SIMULASI PTV VISSIM]]> 0408087803 - Dr. Sofyan Triana, S.T., M.T Dosen Pembimbing 1 SINDAH SULTHANAH / 222020164 Penulis
Kota Bandung memiliki jumlah penduduk yang besar sehingga mobilitas masyarakatnya juga tinggi, dengan berbagai sarana transportasi yang tersedia seperti bus, taksi, dan kereta api. Penggunaan kereta api dinilai efisien karena tidak terganggu oleh kemacetan jalan raya, namun di beberapa titik persimpangan, lintasan kereta api yang melintasi jalan raya menyebabkan kemacetan saat kereta sedang melintas. Studi kasus yang dilakukan pada Simpang Jalan Sumatera - Jalan Jawa, yang memiliki jarak sekitar 100 meter dari lintasan kereta api. Analisis menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM menunjukkan bahwa waktu siklus lalu lintas yang layak adalah berdasarkan perencanaan waktu siklus layak terlama yaitu sebesar 80 detik. Dibandingkan dengan waktu siklus eksisting sebesar 102 detik. Hal ini menunjukkan bahwa waktu siklus lalu lintas sangat berpengaruh pada kinerja simpang, terutama dengan adanya penutupan pintu perlintasan kereta api. Karena jarak dari perlintasan kereta dengan simpang berjarak 100 meter, maka panjang antrean pada lengan simpang Jalan Sumatera bagian Selatan dengan arah menuju persimpangan harus di bawah 100 meter. Hasil simulasi pada PTV Vissim dengan menggunakan waktu siklus menurut perencanaan waktu siklus layak terlama panjang antrean pada lengan simpang Jalan Sumatera bagian Selatan dapat berkurang hingga di bawah 100 meter. Maka dapat disimpulkan bahwa pada simpang tersebut lebih efektif saat menggunakan waktu siklus berdasarkan hasil perencanaan waktu siklus layak terlama.