//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA ITENAS BANDUNG DENGAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)]]> 119990201 - Sugih Arijanto, S.T., M.M. Dosen Pembimbing 1 ARDELYA PUTRI AZZAHRA SOMANTRI / 132021070 Penulis
Strategi pemasaran perguruan tinggi belum optimal mempertahankan mahasiswa aktif, sehingga ketidakpuasan dan kurangnya keterlibatan mahasiswa memicu pengunduran diri yang beresiko menurunkan loyalitas mahasiswa terhadap perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara langsung strategi pemasaran terhadap loyalitas mahasiswa, serta pengaruh tidak langsungnya dengan tingkat kepuasan mahasiswa sebagai variabel mediator. Penelitian menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dan dilakukan dengan melibatkan seluruh program studi di Universitas XYZ dengan jumlah sampel sebanyak 173 mahasiswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pemasaran memiliki pengaruh signifikan ke arah positif terhadap loyalitas mahasiswa dengan elemen marketing mix “people” yang terbukti paling efektif. Selain itu, kepuasan mahasiswa juga terbukti sebagai variabel mediator parsial yang memperkuat hubungan antara strategi pemasaran dan loyalitas mahasiswa. Kata kunci: strategi pemasaran, loyalitas mahasiswa, kepuasan mahasiswa, SEM