//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[EVALUASI KELAYAKAN FINANSIAL KERETA API CEPAT JAKARTA-BANDUNG]]> 0408087803 - Dr. Sofyan Triana, S.T., M.T Dosen Pembimbing 1 MOCHAMMAD RIZKY / 222020057 Penulis
Jakarta dan Bandung adalah dua kota besar di Indonesia yang memainkan peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Dengan meningkatnya mobilitas penduduk, pemerintah menggagas pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi transportasi serta mengurangi kemacetan di jalur darat. Besarnya anggaran proyek yang diakibatkan oleh kenaikan anggaran ditengah masa konstruksi menimbulkan pertanyaan mengenai kelayakan finansial dari proyek ini. Penelitian bertujuan untuk menilai kelayakan finansial Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung menggunakan parameter Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), Break Even Point (BEP) dan Minimum Attractive Rate of Return (MARR), serta mengevaluasi relevansi studi kelayakan dengan hasil penelitian. Analisis kelayakan finansial menggunakan 3 tingkat discount rate dengan nilai discount rate 4%, 6%, dan 8%. Pada discount rate 4% menghasilkan nilai NPV sebesar Rp194.531.785.858.743 dengan BCR sebesar 2,23. Pada discount rate 6% menghasilkan nilai NPV sebesar Rp34.935.075.117.526 dengan nilai BCR sebesar 1,29. Pada discount rate 8% menghasilkan nilai NPV sebesar -Rp26.381.053.448.480 dengan nilai BCR sebesar 0,74. Nilai IRR menggunakan discount rate 4% dan 8% menghasilkan nilai sebesar 7,52%. Nilai PP selama 39 tahun dan BEP berada di tahun 2053. Pada perhitungan estimasi penumpang di penelitian ini terdapat perbedaan dengan estimasi penumpang yang diperkirakan oleh JICA, di tahun pertama beroperasi JICA memproyeksikan jumlah penumpang sebesar 22.000 penumpang/hari, sedangkan hasil analisis pada tahun pertama beroperasi jumlah penumpang sebesar 11.959 penumpang/hari. Analisis kelayakan finansial yang dilakukan oleh JICA menghasilkan nilai yang berbeda dari hasil penelitian, dengan nilai NPV sebesar Rp2.080.000.000.000, sedangkan hasil analisis nilai NPV sebesar Rp34.935.075.117.526. Nilai BCR yang dianalisis oleh JICA sebesar 1,05, sedangkan BCR pada hasil analisis sebesar 1,29. IRR analisis JICA sebesar 12,5% dan IRR hasil analisis sebesar 7,52%. Proyek dikatakan layak secara teori karena hasil analisis sesuai dengan parameter layak, secara aktual tidak layak dikarenakan nilai IRR berada di bawah nilai MARR. Kata kunci: Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Kelayakan Finansial, JICA