//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Dr. techn. Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 1
TASYA KAMILA RACHMAN / 222021068
Penulis
Mechanical Stabilized Earth Wall (MSE Wall) adalah sistem dinding penahan yang terdiri dari lapisan tanah yang diperkuat dengan elemen geosintetik (seperti geogrid) yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas tanah. Hasil analisis akan menampilkan perkiraan bidang runtuh kelongsoran pada lereng dengan kemiringan timbunan menggunakan Mechanically Stabilized Earth Wall (MSE Wall) agar tidak memakan lahan yang banyak pada Jalan Tol Yogyakarta – Bawen. Hasil berupa deformasi lateral yang terjadi pada dinding MSE dan faktor keamanan yang mengacu pada peraturan SNI 8460:2017. Penelitian ini membahas tentang mengetahui pengaruh panjang, kuat tarik, spasi vertikal dari geosintetik yang paling efektif dan aman agar mendapatkan nilai faktor keamanan dan nilai deformasi dinding yang memenuhi persyaratan SNI 8460 : 2017 pada Jalan Tol Yogyakarta – Bawen (STA 70 + 349). Hasil analisis di Jalan Tol Yogyakarta - Bawen STA 70 + 349 dari pemodelan yang memvariasikan panjang geosintetik, kuat tarik geosintetik, dan jarak spasi vertikal geosintetik mendapatkan hasil bahwa panjang geosintetik 15 m, kuat tarik geosintetik 80 kN, dan jarak spasi vertikal geosintetik 70 cm merupakan pilihan variasi yang aman dan juga efektif yang mana didapatkan nilai faktor keamanan (FK) eksternal sebesar 1.922, untuk faktor kemanan (FK) internal memiliki nilai > 1.5 di setiap lapisan geosintetiknya dan deformasi lateral dinding sebesar 0.147 m yang mana nilai – nilai tersebut sudah memenuhi persyaratan SNI 8460-2017.