//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS PERBANDINGAN DESAIN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN CIMAUNG – PUNTANG KABUPATEN BANDUNG BERDASARKAN METODE Pd T-14-2003 DAN MDPJ 2024]]> 0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T Dosen Pembimbing 1 ILHAM FAUZAN / 222020093 Penulis
Jalan Cimaung – Puntang adalah sebuah rute jalan yang menghubungkan daerah Cimaung dengan Gunung Puntang di Kabupaten Bandung. Rute ini memiliki panjang ± 8,5 km yang sangat penting untuk konektivitas lokal maupun luar karena menjadi jalan utama akses menuju wisata di Gunung Puntang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan desain perencanaan perkerasan kaku menggunakan metode Pd T-14-2003 dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 03/M/BM/2024 (MDPJ 2024). Pada metode Pd T-14-2003 didapatkan nilai JKSN sebesar 2.417.779 Sumbu/UR/Lajur Rencana dengan CBR efektif sebesar 12%, sedangkan metode MDPJ 2024 nilai JKSN lebih kecil sebesar 1.419.759 Sumbu/UR/Lajur Rencana dengan CBR efektif sebesar 54%. Hasil penelitian didapatkan desain perkerasan kaku menurut metode Pd T-14-2003 dengan tebal perkerasan sebesar 200 mm, lapis fondasi bahan pengikat 100 mm, sambungan tie bars dan dowel menggunakan D16 mm dan ∅33 mm, sedangkan menurut MDPJ 2024 tebal perkerasan sebesar 150 mm, lapis Lean Mix Concrete 100 mm, lapis fondasi agregat kelas A 200 mm, lapis stabilisasi semen 200 mm, sambungan tie bars dan dowel menggunakan D16 mm dan ∅24 mm. Hasil perbandingan kedua metode yaitu jika menggunakan MDPJ 2024 tebal pelat beton lebih tipis, memiliki lapis fondasi agregat kelas A, lapis stabilisasi semen dan diameter sambungan dowel lebih kecil. Perbedaan yang ada antara Pd T-14-2003 dan MDPJ 2024 adalah analisa fatik dan kerusakan erosi menggunakan rumus untuk MDPJ 2024 dan untuk Pd T-14-2003 menggunakan metode grafis, adanya penanganan tanah dasar dengan CBR kurang dari 6% dan adanya lapisan drainase dibawah perkerasan kaku.