//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SOIL NAILING MENGGUNAKAN PLAXIS 2D :]]> Dr. techn. Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 1 NANDA MUGHNISA DJALIL / 222020117 Penulis
Weda Maluku Utara Merupakan wilayah yang memiliki perkembangan infrastruktur yang begitu pesat. Oleh karena itu, Jalan Nasional Weda pada STA 07+800 dirancang sebagai jalur utama serta lintasan antara Weda dan Sagea. Pada Tahun 2021, Jalan Nasional khususnya pada STA 07+800 mengalami kendala berupa pergerakan massa tanah yang tidak wajar pada lereng. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi stabilitas lereng serta memberikan jenis perkuatan yang efektif dan praktis diterapkan di lapangan. Analisis stabilitas dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software PLAXIS 2D. Berdasarkan hasil pemodelan, lereng dalam kondisi eksisting dinyatakan tidak stabil karena nilai faktor keamanannya < 1,5 yaitu sebesar 1,102 yang dimana tidak memenuhi syarat SNI 8460:2017. Hasil pemodelan perkuatan menunjukkan bahwa stabilitas lereng dapat ditingkatkan secara signifikan dengan menggunakan perkuatan berupa Soil Nailing yang melintasi bidang keruntuhan dan dapat meningkatkan kestabilan lereng. Dari berbagai alternatif segi variasi spasi dan sudut kemiringan, perkuatan Soil Nailing yang paling efektif dan ekonomis untuk menangani longsoran di Ruas Jalan Nasional STA 07+800 dengan spesifikasi kedalaman nail bar 17,5 meter, spasi antar nail bar 2 meter, dan sudut kemiringan 15 ĚŠ.