//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0424026101 - Elkhasnet Ir., M.T.
Dosen Pembimbing 1
IZHAR ABDUL AZIZ / 222020090
Penulis
Ruas jalan Lopang – Banten Lama merupakan salah satu rute penting yang menghubungkan wilayah Lopang dengan kawasan bersejarah Banten Lama di Kota Serang. Jalan ini memiliki lebar sekitar 7 meter dan panjang sekitar 7,216 km, serta saat ini telah menggunakan perkerasan kaku. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan tebal perkerasan jalan dengan menggunakan dua alternatif, yaitu perkerasan lentur dan perkerasan kaku, serta membandingkan biaya material dari kedua jenis perkerasan tersebut. Metodologi yang digunakan mengacu pada Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) Tahun 2024. Data yang digunakan dalam perencanaan meliputi Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) dan nilai CBR tanah dasar. Hasil perencanaan perkerasan lentur menunjukkan susunan lapisan sebagai berikut: AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, Lapis Fondasi Agregat Kelas A 150 mm, Lapis Fondasi Agregat Kelas B 150 mm, Stabilisasi Tanah Dasar 300 mm dan untuk perkerasan kaku dirancang dengan tebal pelat beton sebesar 200 mm, lapis Lean Mix Concrete 125 mm, Lapis Fondasi Agregat Kelas A 200 mm, lapis Stabilisasi Tanah Dasar 400 mm, sambungan tie bars dan dowel menggunakan D18 mm dan Ø33 mm. Dari hasil analisis biaya material, perkerasan lentur sebesar Rp321.889 per meter2, sedangkan perkerasan kaku sebesar Rp280.359 per meter2. Namun, dengan mempertimbangkan umur rencana 40 tahun untuk perkerasan lentur dan 40 tahun untuk perkerasan kaku serta pertumbuhan lalu lintas ke depan, maka perkerasan kaku dinilai lebih ekonomis dalam jangka panjang. Terlebih lagi pada ruas jalan Lopang-Banten Lama merupakan kawasan industri kayu yang memiliki lalu lintas berat.
Oleh karena itu, perkerasan kaku lebih direkomendasikan untuk digunakan karena lebih tahan terhadap beban berat berulang dan biaya pemeliharaan yang lebih rendah dibandingkan perkerasan lentur. Kata Kunci: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, MDPJ 2024